• 25

    Oct

    Pemuda Pejuang di Masa Penjajahan Portugis

    Pemuda adalah rahasia dibalik setiap kebangkitan. Hampir semua momen penting di seluruh dunia melibatkan pemuda sebagai aktor utamanya. Dari momen agama, sosial, budaya, hankam dll selalu dimotori oleh kaum muda. Para nabi diutus dalam bentuk sosok pemuda. Para pembaharu lantang berbicara mengajak masyarakat menuju pencerahan hidup pun kebanyakan sosok pemuda. Begitu pula para pemimpin perang pada umumnya juga berwujud pemuda. Tak t...
  • 25

    Oct

    FATWA SYAFI'IYYAH MENGUGAT TAHLILAN

    Istilah tahlilan atau slametan sudah sangat populer di telinga kita semua, lantaran sudah menjadi adat istiadat klasik dan tradisi mayoritas kaum muslimin di seantero dunia masa kini, tak ketinggalan negeri Indonesia Raya ini, baik pedesaan maupun perkotaannya. Ritual yang satu ini seakan sudah mendarah daging dan menjadi prevalensi (kelaziman) yang mengikat masyarakat tatkala tertimpa musibah kematian sehingga sangat jarang keluarga yang tidak menyelenggarakan ritual ini karena takut diasingkan masyarakatnya. Ironinya, mereka menganggap ritual ini merupakan salah satu bentuk ibadah. Mereka juga mencuatkan opini publik bahwa ritual ini adalah ciri khas penganut madzhab Syafii. Padahal, jika kita menelusuri kitab-kitab klasik madzhab Syafiiyyah, niscaya akan kita dapati bahwa ternyata just
  • 25

    Oct

    The Power of Habbatussauda

    Bila anda menderita batuk Menahun, Kangker Payudara, Tumor, Eksim Akut, Pegal Menahun, Migrain, Struk Ringan, Maagh Menahun, Rahim, Pendarahan/Haid Sakit dan Tidak Teratur, Impotensi, Sinuitis/Flu Menahun, Sesak Nafas, Asma, Paru Basah, Sakit Bekas Operasi Menahun, Bekas Jatuh Menahun, Menghancurkan Buhul, Menyiksa Jin, Meracun Jin, Meretas Kemandulan, Testing Sihir atau Medis dll. Caranya mudah.. Ambil 1 kapsul habattusauda, buka kapsulnya dekatkan ke bibir dan bacakan: 1. Al fatihah. 2. Al muawwizat (3Qul) 3. Ayat Kursi 4. Al a’raaf 117-122 5. Yunus 81-82 6. Thaha 69. Lalu tiupkan setiap selesai baca, do’akan [Mohon kepada Allah] untuk menyembuhkan penyakit yang diinginkan lalu tuangkan ketelapak tangan dan oleskan di object sakit. Migrain, oleskan di dahi. Pegal Menahun,
  • 25

    Oct

    Mengenangv Papua

    Dulu saya pernah tinggal di Sorong-Papua….disanalah saya mendapat hidayah, mulai belajar Islam dan mengenakan jilbab….. Ternyata Islam masuk ke Sorong-Papua sejak abad 16….wow ! Menurut Thomas W. Arnold dalam “The Preaching of Islam diperoleh catatan bahwa pada abad ke-XVI sejumlah daerah di Papua bagian Barat, yakni wilayah-wilayah Waigeo, Missool, Waigama, dan Salawati, tunduk kepada kekuasaan Sultan Bacan di Maluku. Pengaruh kekuasaan Kesultanan Ternate ditemukan di raja Ampat di Sorong dan di seputar Fakfak dan di wilayah Kaimana. Sumber cerita rakyat mengisahkan bahwa daerah Biak Numfor telah menjadi bagian dari wilayah kekuasaan Sultan Tidore. Sejak abad ke-XV, Sejumlah tokoh lokal bahkan diangkat oleh Sultan Tidore menjadi pemimpin-pemimpin di Biak. Mereka
  • 25

    Oct

    Mengintip Ternate

    Saya selalu penasaran dengan kepulaun Maluku, terutama Ternate. Kepulauan Indonesia timur yang mendapat julukan Jazirah Al-Mulk ini sangat eksotik dan kaya raya. Hasil bumi rempah-rempah di Maluku lah yang membuat bangsa asing tertarik dengan Indonesia untuk kemudian menjajah dan mengeksploitasinya. Tak ada sumber yg jelas mengenai kapan awal kedatangan Islam di Maluku khususnya Ternate. Namun diperkirakan sejak awal berdirinya kerajaan Ternate, masyarakat Ternate telah mengenal Islam mengingat banyaknya pedagang Arab yg telah bermukim di Ternate kala itu. Beberapa raja awal Ternate sudah menggunakan nama bernuansa Islam namun kepastian mereka maupun keluarga kerajaan memeluk Islam masih diperdebatkan. Hanya dapat dipastikan bahwa keluarga kerajaan Ternate resmi memeluk Islam pertengahan
  • 13

    Oct

    Mencari Teman Sejati

    Hi guys, apakabar kalian semua ? Semoga kalian tetap dalam keadaan selalu ceria, sehat, cerdas dan penuh semangat. Nggak enak banget kan kalau ndenger kabar kalian lagi lemah, letih, lesu, loyo. Lebih nggak enak lagi kalau ndenger kalian sedang patah semangat, putus asa, tak punya harapan, hopeless…..wah, serasa dunia kiamat. Guys, ngerasa ngga sih ketika kita membaca kata-kata lemah, letih, lesu, loyo, hopeless tiba-tiba tubuh kita ikut-ikutan lemes ? Yup, itulah ajaibnya kata-kata. Ternyata kata-kata yang negatif akan membawa diri kita menjadi negatif. Begitu pula sebaliknya, kata-kata positif akan membuat diri kita positif pula. Itu baru efek kosakata, tentunya efek perilaku akan lebih dahsyat lagi. Kosakata dan perilaku kita sangat ditentukan dari apa-apa yang kita baca, kita d
  • 23

    Sep

    Miss World

    Beberapa waktu yang lalu baru saja diselenggarakan perhelatan Miss World. Kontes Ratu Sejagat yang baru pertama kalinya digelar di Indonesia ini menuai protes berbagai kalangan. Hampir seluruh ormas Islam serempak menolak perhelatan ini. Meskipun sudah ditolak dan didemo berbagai kalangan, ternyata kontes ini tetap berlangsung. Pemerintah seolah menutup telinga terhadap aspirasi warga negaranya sendiri. Sebagai remaja, mungkin kita b...
  • 25

    Jul

    Cara Enjoy Patah Hati

    Siapa sih yang nggak pernah patah hati? Kayaknya hampir semua orang yang pernah jatuh cinta pasti juga pernah patah hati (lho?!). Terdapat hubungan yang sangat erat antara jatuh cinta dan patah hati. So, bagi kamu yang sedang jatuh cinta siap-siap aja patah hati. Bagi yang belum pernah jatuh cinta, pasti nggak tau gimana rasanya patah hati. Boro-boro patah hati, jatuh cinta aja nggak ngerti. Tapi kalau nggak pernah jatuh cinta berarti ada sesuatu yang harus dipertanyakan padamu….normalkah dirimu? Hihihi…. Jatuh cinta sih boleh-boleh aja, sah-sah aja. Yang nggak boleh itu ya cara mengekspresikan cintamu itu. Ada rambu-rambu agama yang tidak boleh dilanggar. Cinta itu boleh diekspresikan ketika dia sudah halal menjadi milikmu, sudah diikat dalam tali pernikahan. Kalau belum dii
  • 22

    Jul

    Membentuk Karakter Pemuda Unggul

    Dito uring-uringan. Sudah seminggu ini Dito galau, sejak menerima raport. Dito, sang ketua Rohis SMU biasa bertengger di peringkat 1, tapi semester ini rankingnya turun drastis, menjadi ranking 9 ! Walhasil orangtuanya pun berceramah panjang lebar. Dito merasa bersalah. Memang semester kemarin begitu padat aktivitasnya.Dari aktivitas Rohis di sekolah hingga remaja masjid di kampung selalu diikutinya. Bahkan tak jarang dia menjadi ketua panitianya.Ketika tiba waktu belajar, kondisi tubuhnya sudah tidak bisa di ajak kompromi, sudah kelelahan. Akhirnya pulau kapuk pun menjadi tempat favoritnya. Dito belajar hanya ala kadarnya, ketika mau ulangan saja. Padahal dia bertekad akan selalu menjadi yang terbaik agar misi dakwahnya mudah diterima teman-teman. Tekad yang sangat mulia. Dito pun bertek
  • 22

    Jul

    Siapa Bilang Anak Rohis itu Kuper

    Anak rohis kuper? Nggak banget lah yaw. Siapa bilang anak Rohis itu kuper alias tukang bengong alias tulalit, kayak nada salah sambung handphone. Hohoho, imej ini salah besar bung ! Atau kalau imej ini emang melekat erat kepadamu, maka harus ada gerakan besar untuk menghapus imej tersebut. Yup, sebuah gerakan revolusi untuk mengangkat harkat dan martabat anak Rohis. Sekali lagi, revolusi ! Hah, revolusi ? kayak perang ajah. Ya iyalah, perang untuk menghapus imej jelek tersebut. Memang perlu usaha keras dan sungguh-sungguh untuk menunjukan kepada dunia bahwa para aktivis Rohis itu adalah pribadi-pribadi yang mempesona (tapi bukan tebar pesona lho !). Mempesona dalam arti berkepribadian unggul. Diharapkan para aktifis Rohis menghiasi dirinya dengan kepribadian positif seperti : shalih, cerd
- Next

Author

Follow Me

Search

Recent Post